Ini dia 5 Tips Agar Kamu bisa menjadi Caster eSports!

5 Tips Agar Kamu bisa menjadi Caster eSports

5 Tips Agar Kamu bisa menjadi Caster eSports – Tren eSports yang makin mentereng tentu membuat beberapa kesempatan karier yang bisa kamu ambil loh. Salah satunya adalah sebagai Shoutcaster atau disingkat caster. Caster berperan mengkomunikasikan jalannya permainan ke para penonton. Nah jika kamu tertarik menjadi seorang Caster kamu bisa menyimak 5 tips kecil yang bisa kamu terapkan. Penasaran kan ? Makanya Yuk kita simak artikel dibawah ini !

Siapkan pengetahuan soal game serta style yang menarik

knowledge.jpg

Pertama tentu saja pengetahuan mengenai game yang akan kamu komentari. Banyak yang menyepelekan hal ini, padahal pengetahuan mengenai game-nya lah yang menjadi bahan utama pembicaraan seorang caster.

Tingkat pengetahuan soal game ini berbeda-beda, misalnya saja untuk game FPS kamu mungkin tidak membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk benar-benar mempelajari game-nya. Hal ini berbeda dengan MOBA yang relatif lebih berat karena genre ini memang lebih rumit dan banyak hal-hal yang harus dipelajari.

Baca Juga : Menakjubkan ! Inilah Pilihan Karir eSports yang Bisa Dijalanin oleh Perempuan!

Kedua, adalah style yang kamu punya. Karena pada dasarnya setiap caster pasti memiliki stylenya yang unik. Karena ada caster yang memiliki nada rendah ketika berbicara, ada yang cepat ketika berbicara, ada yang teriak-teriak, ada yang memberikan lelucon atau jokes dan ada juga yang serius sepanjang game. Makanya kamu dituntut untuk menemukan style yang berbeda dari yang sudah ada agar kamu memiliki nilai lebih di mata viewermu.

Jangan pernah membuat pemain atau pertandingan terlihat jelek

permainan-jelek.jpg

Tentunya tugas seorang caster adalah membuat pertandingan menjadi semakin seru. Hal ini tentu membuat seorang caster memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi jalannya pertandingan. Tetapi kerap kali hal ini sering disia-siakan oleh mereka, karena di situlah banyak caster melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut diantaranya adalah membuat pertandingan malah terlihat jelek.

Karena biasanya para caster eSports berawal sebagai pemain. Mereka akan membawa kebiasaan lama mereka yakni meningkatkan permainan mereka melalui kritikan. Tentunya hal ini tidak bisa diterapkan dalam pekerjaan sebagai caster eSports.

Baca Juga : Terungkap! Ini dia 4 Hal yang harus kamu kuasai sebelum masuk tim eSports!

Seorang caster harusnya bisa memberikan dukungan untuk pemain bukannya menunjukkan kesalahan pemain yang menurutmu fatal. Seorang caster juga harus bisa memperkirakan alasan-alasan pemain dalam melakukan hal tersebut. Bisa saja suatu hal yang dianggap caster sebagai kesalahan tapi di sisi pemain itu merupakan strategi.

Pacing & Volume

farm.jpg

Caster juga harus bisa mengendalikan hype para penonton. Bahkan ada istilah bahwa para penonton adalah boneka dan tugas seorang caster lah untuk mengendalikannya. Pacing & Volume merupakan hal penting ketika melakukan shoutcasting. Dimana dalam sebuah match itu kalian harus bisa memberikan excitement hype kepada penonton di waktu yang tepat, apabila kalian salah menempatkan nya penonton akan kebingungan “kayaknya biasa aja tapi kok caster nya lebay”.

Baca Juga : Wow! Masa Depan eSports di Indonesia Dinilai Cerah, Ini faktanya!

Contoh nya kalian bisa memberikan memberikan volume, intonasi tinggi dan kecepatan berbicara yang cepat ketika war sedang terjadi. Kebalikan nya kalian harus bisa memberikan nada yang pelan, berjarak dan tidak terlalu antusias ketika sedang tidak terjadi apa-apa atau ketika sedang menjelaskan item build yang dibuat oleh si player.

Persiapan yang matang

Seorang Caster wajib memiliki persiapan yang matang sebelum melakukan pekerjaannya. Persiapan ini bukan hanya tentang pengetahuan dasar tentang game tersebut, tetapi kamu juga wajib mengetahui tentang profil player, profil tim, meta game yang sedang trend. Tentunya persiapan ini akan membantu kalian sebagai bahan pembicaraan yang berbobot ketika melakukan casting.

Sehingga dengan persiapan yang matang kamu tidak hanya melemparkan “jokes” tanpa makna saja ke viewers mu tetapi kamu juga bisa menyajikan informasi yang bisa mengedukasi mereka.

Baca Juga : Wah ternyata ini perbedaan eSports di Eropa dengan Asia !

Tetap menghibur

jokr.jpg

Bagaimanapun juga, eSports adalah panggung hiburan. Sebagai seorang caster, kamu perlu banget untuk terus menghibur para penontonmu agar mereka betah. Apalagi di pertandingan MOBA seperti Dota 2 atau LoL, tidak setiap saat akan terjadi pertempuran yang seru bukan?

Baca Juga : Mulai lakukan hal ini jika kamu ingin jadi atlet eSports

Misalnya ketika sebuah hero sedang melakukan farm yang cukup monoton, seorang caster harus bisa pintar menghibur agar penonton tidak bosan! Kalau mereka bosan, bisa-bisa mereka ketiduran loh. Kalau mereka tertidur, terus yang menonton siapa?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password