Keren! Ternyata ini Bukti Kalau eSports Makin Diminati di Indonesia!

eSports makin diminati

Tahun ini eSports berkesempatan berada di Asian Games sebagai olahraga eksibisi, Indonesia selaku tuan rumah perhelatan olahraga tersebut turut mengirimkan tim terbaik untuk berlaga. Tentunya turnamen ini menjadi bukti bahwa eSports makin diminati di seluruh dunia.

Tapi tahukah kamu, eSports di Indonesia akhir-akhir ini juga makin diminati loh. Ini dia 4 bukti kalau eSports di Indonesia makin diminati!

Penayangan eSports di Televisi Swasta

kompas.jpg

Kompas TV melakukan terobosan yang gemilang dengan menayangkan turnamen eSports di televisi. Turnamen yang ditayangkan itu adalah MSC 2018 dari game Mobile Legend. Meskipun baru menayangkan turnamen mobile eSports, tapi langkah Kompas TV patut kita apresiasi karena ia membuktikan bahwa tayangan TV saat ini tidak hanya terpaku pada berita ataupun sinetron saja.

Baca Juga : Wajib Nonton ! Ini dia Venue dan Jadwal eSports Asian Games 2018

Langkah Kompas TV tidak berhenti disitu saja, mereka bahkan sudah memastikan akan menayangkan The International 2018 ( Turnamen Dota 2 ). Dikutip dari esports.id, “Kami pasti akan menayangkan The International karena sebagai turnamen game terbesar dengan hadiah yang juga tidak main-main, kami sangat tertarik untuk menyajikannya bagi penonton setia Kompas TV,” ungkap Andy Budiman, yang menjabat sebagai Vice Director di Kompas TV.

Banyaknya penonton eSports

penonton.jpg

Berdasarkan data dari Newzoo, orang-orang yang menonton eSports bisa menghabiskan 800 jam dalam kurun waktu 10 bulan (Agustus 2015 – Mei 2016) hanya untuk menonton pertandingan eSports di platform Twitch. Hal itu tentu tidak aneh, karena pada bulan Oktober tahun itu sedang dilaksanakan League of Legend World Championship, sehingga banyak para pemain LoL yang akan menonton turnamen ini.

Baca Juga : Ternyata ada 4 Pengorbanan yang kamu rasakan di dunia eSports!

Di Indonesia sendiri hal ini bisa kita ukur melalui Youtube. Disana hampir tiap pertandingan eSports seperti Mobile Legend ataupun AoV pasti akan memiliki jumlah penonton ribuan orang. Ini belum termasuk livestreaming perseorangan yang biasanya dilakukan oleh atlet eSport. Tentunya hal ini semakin membuktikan bahwa eSports semakin diminati di Indonesia.

Menjamurnya turnamen eSports

turnamen.jpg

Turnamen eSports makin sering diadakan di Indonesia. Contohnya saja Indonesia Games Championship yang dilaksanakan oleh Telkomsel. Turnamen ini baru saja dilaksanakan pada bulan April lalu. Hebatnya turnamen ini berhasil menggaet sebanyak lebih dari 9.000 peserta untuk bertarung memperebutkan trofi juara.

Baca Juga : Terungkap! Ternyata ini 4 Faktor yang membuat mobile eSports berkembang!

Turnamen itu pun mempertandingkan lima cabang game dengan total prizepool sebesar Rp600 juta. Cabang game yang dipertandingkan di Indonesia Games Championship (IGC) 2018 antara lain Dota 2, Mobile Legends, Arena of Valor (AOV), Vainglory, dan LINE Let’s Get Rich. . Banyaknya cabang game yang dipertandingkan turut membuktikan bahwa peminat eSports di Indonesia tidak hanya terpaku pada mobile eSports, tapi masih ada diantara mereka yang menekuni eSports di PC loh!

Dukungan pemerintah

ketua-mpr2.jpg

Pemerintah kita saat ini sudah membentuk Indonesia eSports Association atau IeSPA yang bertanggung jawab atas segala penyelenggaran eSports di Indonesia. Sudah banyak dukungan yang diberikan oleh IeSPA terhadap eSports. Contohnya adalah proses seleksi atlet eSports untuk Asian Games 2018 yang melibatkan para gamers.

Baca Juga : Ini Dia 4 Tips Memenangkan Turnamen eSports yang harus kamu terapkan !

Tapi sayang, peran IeSPA saat ini dinlai masih kurang maksimal. Hal itu diakui oleh tim Elite 8 yang pernah mencoba meminta dukungan IeSPA untuk ke Vainglory World Championship di Singapura pada 2017 lalu, namun ditolak. Padahal Elite 8 saat itu adalah satu-satunya tim asal Indonesia yang berhasil lolos di Vainglory World Championship.

Bagaimana? eSports di Indonesia sekarang makin diminati kan dibanding beberapa tahun lalu? Makanya, yuk kita selalu optimis kalau Indonesia bisa dalam memajukan esport serta mencetak prestasi gemilang di ranah internasional!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password