Ketahui dulu Kekurangan Industri eSports ini!

industri eSports

eSports yang merupakan sebuah kompetisi game online di dunia elektronik memang sangat menarik perhatian, dan dalam ruang lingkup tertentu memang terlihat sangat menyenangkan. Tentu saja, siapa yang dapat menolak untuk dapat terus bermain game yang disukai plus menerima bayaran atau mendapatkan hadiah fantastis ketika memenangkan sebuah kompetisi game? Memang hal tersebut terlihat menggiurkan bagi siapapun, namun ternyata dunia eSports tidaklah semudah kelihatannya.

Ternyata dibalik segala keriuhan industri eSports, menyimpan beberapa kekurangan yang patut kamu pertimbangkan sebelum mengikuti tren ini loh. Penasaran kan dengan hal tersebut? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Aksesibilitas

starcraft.jpg

Masalah utama dari berbagai kompetisi eSports adalah pemahaman masyarakat yang kurang padanya. Hal ini cukup jelas, karena eSports bukanlah suatu hal yang dapat kita pelajari dengan mudah. Misalkan, jika kamu adalah seorang “non gamer” pasti kamu akan bingung ketika menonton kompetisi eSports yang penuh dengan istilah-istilah “aneh” dan hal-hal yang tidak kamu mengerti lainnya.

world-cup.jpg

Bandingkan dengan sepakbola. Olahraga ini pasti bisa dipahami oleh semua orang. Bahkan jika kamu baru pertama kali menonton sepakbola kamu pasti masih bisa mengikuti jalannya pertandingan dengan lancar. Istilah-istilah yang digunakan pun masih cukup familiar dengan kehidupan kita. Meskipun kita tidak pernah bermain sepakbola tentunya kita masih dapat mengerti jalannya pertandingan bukan?

Baca Juga : Wow! Masa Depan eSports di Indonesia Dinilai Cerah, Ini faktanya!

Hal yang cukup kontras akan terlihat jika kamu menonton pertandingan Dota 2 atau Starcraft. Game-game itu punya banyak sekali karakter dengan kompleksitasnya tersendiri  juga strategi yang beragam untuk tiap pertandingannya. Jadi jika kamu tidak pernah memainkan game-game eSports tersebut sebelumnya, bisa dipastikan kamu tidak akan bisa mengikuti tren eSports ini.

Itu semua tentu membuat semacam dinding pemisah yang membatasi kepopuleran eSports selama ini. Hal ini sudah mulai dicarikan solusinya oleh beberapa developer ternama seperti Bilizzard, Riot dan Valve. Mereka mulai mengembangkan komunitas-komunitas untuk ikut menyebarkan tren eSports ke masyarakat luas.

Infrastruktur

referee.jpg

Bila kita melihat pegelaran piala dunia kemarin, tentu kita menyadari bahwa event tersebut dirancang sangat matang bukan? Tentunya para penyelenggara sudah menyiapkan berbagai sponsor, organisasi pendukung, tenaga medis bahkan sampai ke personil wasit semuanya sudah direncanakan dengan matang.

Baca Juga : Terungkap! Ini dia 4 Hal yang harus kamu kuasai sebelum masuk tim eSports!

Hal ini berbeda dengan eSports. eSports sendiri harus mencari dan membangun infrastruktur mereka sendiri. Mereka harus menciptakan sistem sendiri. Tentunya pembentukan infrastuktur dan sistem yang matang pasti membutuhkan waktu yang lama. Karena minimnya infrastruktur dan sistem yang masih kurang stabil maka timbullah masalah baru seperti kasus perjudian, dan pengaturan skor.

Beberapa masalah lain seperti minimnya sponsor turut menghantui ranah eSports. Meskipun beberapa tahun belakangan ini mulai banyak sponsor dari “dalam” yang ikut mendukung eSports -sponsor yang memang produk utamanya seputar peralatan gaming- tapi tetap saja eSports masih kurang menarik perhatian brand luar. Ini juga disebabkan oleh kurangnya infrastuktur dan tren yang tidak stabil dari ranah eSports itu sendiri.

Hal ini pun sudah mulai dicarikan solusinya oleh berbagai pihak yang berkecimpung di dunia eSports. Contohnya saja di Indonesia, di sini kita sudah mempunyai IeSPA yang bertugas merancang sistem eSports tanah air. Meskipun peranan IeSPA masih kurang terlihat, tapi niat baik pemerintah mendukung industri eSports patut kita apresiasi loh!

Nah itu tadi adalah kekurangan industri eSports yang wajib kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu masih tertarik terjun ke industri ini?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password