Wow! Masa Depan eSports di Indonesia Dinilai Cerah, Ini faktanya!

Masa Depan eSports di Indonesia

Masa Depan eSports di Indonesia – eSports sudah berkembang di seluruh penjuru dunia.Tak terkecuali dengan Indonesia. Di negara ini, kita bisa melihat sendiri banyaknya turnamen-turnamen eSports yang diselenggarakan. Tak hanya turnamen, atlet eSports Indonesia juga sering meraih gelar juara di luar negeri.

Ada nama-nama seperti ‘InYourDream’, yang berhasil menggemparkan dunia dengan menjadi pemain DOTA 2 dengan rank tertinggi di Server Asia Tenggara. Dengan banyaknya prestasi yang diraih pemain Indonesia tentu akan menimbulkan satu pertanyaan, bagaimana masa depan eSports di Indonesia?

Secara umum tentunya nuansa eSports Indonesia untuk hari ini cukup cerah. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kompetisi-kompetisi regional maupun nasional. Banyaknya kompetisi ini tentu meningkatkan jumlah pemain profesional. Karena, kompetisi ini akan menjadi ajang persaingan antar pro player. Persaingan yang ketat pun pastinya menciptakan atlet-atlet eSports yang bertalenta dan memiliki peluang di dalam maupun luar negeri.

Dengan bermunculannya atlet-atlet eSports baru, pasti dibutuhkan tim-tim professional yang siap mengelola mereka. Pengelolaan tim eSports di Indonesia cukup bagus. Karena mereka sudah mempunyai sistem layaknya sebuah tim sepak bola. Gaji yang tetap untuk setiap pemainnya, sistem sponsorship dan masih banyak lagi, sehingga membuat peta kompetisi semakin sengit di Indonesia sendiri.

turney.jpg

Selain faktor kompetisi tentunya masa depan eSports juga bergantung pada peran pemerintah sendiri. Pemerintah kita saat ini sudah membentuk Indonesia eSports Association atau IeSPA yang bertanggung jawab atas segala penyelenggaran eSports di Indonesia.

Tapi peran IeSPA masih kurang maksimal. Hal itu diakui oleh tim Elite 8 yang pernah mencoba meminta dukungan IeSPA namun ditolak. Padahal Elite 8 saat itu adalah satu-satunya tim asal Indonesia yang berhasil lolos di Vainglory World Championship. Karena saat itu IeSPA berfungsi sebagai organisasi esport yang masih berfokus di Dota 2 dan CS:GO saja sehingga turnamen-turnamen mobile seperti Vainglory terkesan “tidak dianggap”. Padahal turnamen Mobile Game juga sedang marak di Indonesia.

Hal ini terbukti saat MPL 2018 yang mempertandingkan Mobile Legend diikuti oleh berbagai tim-tim professional seperti nxl, Recca, RRQ, EVOS, dll.

kampus.jpg

Selain peran pemerintah dalam mendukung eSports, ternyata infrastruktur juga menjadi faktor pendukung iklim eSports di Indonesia. Untungnya, saat ini kita sudah mempunyai kampus eSports di Universitas Dian Nuswantoro yang berada di Semarang. Karena mereka yang mendaftar di prodi eSports akan mendapatkan pelatihan tambahan mengenai eSports dari para ahlinya. Tak hanya dalam menjadi pemain profesional, tapi juga dalam menjadi manajer tim eSports, pelatih tim eSports, eSports analist, broadcaster, brand ambassador, dan bahkan menjadi eSports event management.

Baca Juga : Mulai lakukan hal ini jika kamu ingin jadi atlet eSports

Tak hanya kampus, venue eSports pun sudah mulai dibangun di Indonesia. Contohnya adalah Stadion eSports yang dibangun MD Media. Stadion ini akan menjadi arena ‘pertempuran’ jawara eSports di Indonesia. Stadion inilah yang menjadi venue playoff dan grand final IndiHome eSports League yang berlangsung April hingga Mei 2018. Stadion ini juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang dapat menunjang para atlet eSports yang ingin berprestasi. Sebut saja seperti fasilitas asrama, olahraga, coaching, dan klinik.

Lalu bagaimana faktor-faktor tersebut berhubungan dengan masa depan eSports Indonesia? Tentu saja dengan makin banyaknya kompetisi, infrastuktur yang dibangun dan peran pemerintah yang kian mendukung eSports pasti akan membuat masa depan eSports Indonesia semakin cerah. Meskipun kemungkinan kondisi ideal seperti di Korea Selatan masih jauh tapi itu semua tentunya bisa diraih secara bersama-sama antara pemerintah, komunitas dan para atlet eSports.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password