Inilah Negara yang akan bertanding di eSports Asian Games 2018

negara peserta di esports asian games 2018

Seperti yang telah kita ketahui, dalam gelaran pesta olahraga Asian Games 2018 Jakarta-Palembang nantinya akan ada sebuah pertunjukkan eksibisi esports yang mempertandingkan beberapa game. Kurang lebih ada enam game, yaitu Arena of Valor, Clash Royale, Hearthstone, League of Legends, Pro Evolution Soccer dan  Starcraft II.

Nah, setelah melewati proses kualifikasi yang panjang akhirnya terpilihlah tujuh tim dan pemain dari berbagai negara Asia yang akan bertanding di eSports Asian Games 2018 nanti.

Tujuh tim ini terpilih bukan tanpa sebab. Karena mereka sudah melewati proses kualifikasi yang diikuti oleh 27 negara dari berbagai region di Asia yang dilaksanakan mulai 6-20 Juni 2018.

Kualifikasi Asian Games 2018 untuk cabang esports itu dibagi menjadi lima sub-regional terpisah, yaitu Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Tengah, dan Asia Barat. Tiap regionalnya akan mencari satu pemenang untuk bermain di Asian Games, kecuali Asia Timur dan Asia Tenggara yang hanya mencari dua pemenang atau lebih.

Nah Berikut adalah delapan negara yang akan bermain di eksibisi esports Asian Games 2018 untuk masing-masing cabang.

tabel-1.jpg

tabel-2.jpg

Beruntung bagi Indonesia, karena sebagai tuan rumah kita bisa mendapatkan slot khusus untuk dapat bertanding di Asian Games 2018. Karena itu pemerintah langsung melakukan berbagai cara untuk menentukan pemain yang mewakili Indonesia. Seperti mengadakan kualifikasi atau melalui voting, hingga terpilihlah 17 Atlet yang akan bertanding mewakili Indonesia.

Lawan Berat Indonesia di Cabang eSports

Lolos tanpa harus melewati proses kualifikasi merupakan anugrah tersendiri bagi Indonesia karena seperti yang kita tahu bahwa di Asia ini banyak negara yang kuat dalam cabang eSports.

faker.jpg

Di Asia Timur misalnya, ada Korea Selatan yang berhasil lolos di cabang Starcraft II dan League of Legends. Mengingat kekuatan mereka di kedua game tersebut, Korea Selatan kemungkinan besar akan merebut gelar juara di sana karena mereka memiliki pemain-pemain ternama Seperti Faker, yang dikenal sebagai pemain SK Telecom T1 dan sudah memiliki segudang prestasi.

Cabang League of Legends juga semakin berat bagi tim Indonesia dengan adanya China dan China Taipei yang juga merupakan regional yang kuat di peta kekuatan League of Legends global.

Selain di cabang LoL, persaingan yang ketat juga akan terjadi di cabang AoV, disana berisi negara-negara seperti China Taipei, Hongkong, China, Vietnam, dan Thailand yang merupakan negara-negara dominan untuk AOV. Karena seperti yang kita tahu pada AWC bootcamp yang lalu, negara-negara yang sudah disebutkan tadi memiliki performa bertanding yang sangat baik bahkan terlihat sulit untuk dikalahkan dengan meta atau strategi yang menjadi andalan mereka.

Baca Juga : 5 Hal yang Membuat Mobile Legend Tidak Masuk ke Asian Games 2018

Sementara di Asia Tenggara, ada Vietnam yang berhasil mengirimkan perwakilan di semua cabang. Mereka jelas akan menjadi ancaman serius terutama di cabang Hearthstone, League of Legends, dan Arena of Valor. Vietnam tentunya akan membawa pemain professionalnya yang berasal dari EVOS Esports, karena sebagai salah satu tim professional tentu mereka akan sangat membantu Vietnam dalam meraih kemenangan di cabang eSports ini.

Dengan banyaknya lawan yang kuat, eksibisi esports Asian Games 2018 ini jelas menjadi tantangan yang berat untuk perwakilan Indonesia. Namun bukan berarti Indonesia tidak mungkin menjadi juara di beberapa cabang yang dipertandingkan.

Nah itulah daftar negara yang akan bertanding di eSports Asian Games nanti. Jangan lupa untuk mendukung Indonesia di Asian Games nanti yaa !

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password