Ketahui 5 Penyebab Smartphone Lag Saat Main Game Mobile

Ketahui 5 Penyebab Smartphone Lag Saat Main Game Mobile

Selain digunakan untuk berkomunikasi, smartphone memiliki peranan yang berbeda seiring dengan perkembangan teknologi. Bisa menjadi media hiburan yang setiap saat mampu kita akses. Sayangnya, dengan perbedaan dari masing – masing smartphone tentu memiliki spesifikasi yang berbeda. Hal ini bisa menjadi penyebab dari kondisi sering lag ketika bermain game mobile. Agar tidak terlalu sering mengganggu, ketahui penyebab smartphone lag saat main mobile.

Perkembangan game mobile memang tidak bisa dipungkiri. Sebab, pada developer game tentu membaca pertumbuhan konsumsi smartphone baik di Indonesia maupun di negara – negara lainnya. Semakin banyak pilihan game mobile juga membuat kita semakin ingin terus menerus memainkannya.

5 Penyebab Smartphone Lag Saat Main Game Mobile

1. Ukuran RAM

Random access memory atau RAM memang seringkali menjadi penyebab utama dari kondisi lag pada smartphone ketika digunakan untuk bermain sebuah game.

RAM yang menjadi pusat dari segara kegiatan multitasking yang ada pada smartphone kita. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin lancar juga kinerja yang dimilikinya.

Pun begitu sebaliknya. Ketika anda membeli smartphone dengan kapasitas RAM 1 GB namun ternyata kita hanya mendapat 800 MB saja.

Hal ini terjadi karena 200 MB sudah terpakai untuk kebutuhan sistem dari smartphone. Sementara aplikasi lainnya tentu juga membutuhkan RAM seperti widget, sosial media hingga wallpaper live.

2. Memori Internal

Penyebab smartphone sering lag saat main game mobile berikutnya adalah karena kapasitas memori internal. Meski dirasa tidak berpengaruh besar terhadap kondisi lag di smartphone, seringkali hal ini juga terjadi.

Ketika memori internal penuh maka akan butuh waktu lama untuk membuka file yang kita simpan. Juga saat game mobile yang anda jalankan terinstall pada memori internal.

Cara alternatif untuk mengatasinya adalah dengan membeli smartphone yang memiliki memori internal cukup besar.

Rata – rata untuk kapasitas memori internal sekarang ini memang sudah cukup besar. Cara lainnya dengan menggunakan memori eksternal.

3. Bug di OS Android

Bug dalam istilah android seringkali dikaitkan dengan masalah yang timbul karena sistem operasi yang tidak stabil.

Misalnya seperti ketika pengguna merilis update OS terbaru tetapi masih dalam versi beta. Akan ada beberapa bug yang muncul.

Hal ini terbilang wajar karena versi beta merupakan versi yang masih dalam tahap ujicoba atau belum stabil. Sama halnya dengan ketika anda memilih untuk menggunakan game mobile dengan versi beta.

4. Cache Android

Penyebab smartphone sering lag saat main game mobile berikutnya adalah cache android. Fungsi bainya adalah bisa mempercepat adanya pengoperasian aplikasi. Tetapi, efek buruk dari cache ini justru akan menumpuk pada memori internal kita.

Baca Juga : Anti Ngadat! Main Game Fortnite Android di Smartphone Samsung Galaxy Note 9

Sehingga saat bermain game mobile, kita justru sering mengalami lag pada smartphone. Seringlah membersihkan cache yang ada pada smartphone agar tetap menjadi lebih optimal.

5. Pembaruan Game Mobile

Tidak sedikit game mobile yang hadir dengan pembaruan yang dimilikinya. Apabila game yang anda mainkan masih versi lama maka bukan tidak mungkin game akan berakhir dengan sendirinya.

Bisa juga membuat smartphone menjadi lag saat kita gunakan. Selalu cek bagaimana pembaruan yang dibutuhkan pada setiap aplikasi misalnya untuk game mobile, aplikasi instant messaging dan lain sebagainya. Perbarui setiap aplikasi utamanya yang memang sering anda gunakan.

Mengetahui adanya penyebab smartphone sering lag saat main game mobile ini membuat kita tahu bagaimana cara mengatasinya. Cek beberapa komponen pada smartphone termasuk kapasitas memori, perbaruan hingga lainnya. Dengan begitu, aktivitas nge-game anda tidak akan terganggu dengan kondisi lag saat kita bermain game mobile.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password