Honor Play vs. Pocophone F1: Adu Kuat Ponsel Gaming Pembunuh Flagship

ponsel gaming

Sebelum Xiaomi merilis Pocophone F1, siapapun rasanya sulit membayangkan bisa memperoleh smartphone dengan spek yang sama seperti flagship, namun dihargai jauh lebih murah. Xiaomi mematahkan khayalan tersebut dengan produknya itu.

Tentu kebanyakan orang sudah tahu satu fakta bahwa Xiaomi berasal dari China. Beberapa tahun belakangan, ekspansi produk smartphone dari negara tersebut membanjiri pasaran negara-negara Asia, tidak terkecuali di Indonesia. Selain Xiaomi, sebutlah Huawei yang juga punya beragam tawaran smartphone pembunuh flagship, salah satunya adalah Honor Play.

Jadi, kita punya dua smartphone untuk diadu di sini. Manakah yang layak menyandang status sebagai “pembunuh” flagship sejati?

Ponsel gaming yang menggoda

ponsel gaming honor
Material promo untuk Honor Play. (Foto: situs resmi Huawei Honor)

Baca juga : Bukan dari Google Playstore! Begini Cara Unduh dan Install Game Fortnite di Semua Tipe Smartphone

Selain menyebut keduanya sebagai pembunuh flagship, baik Honor Play maupun Pocophone F1 sama-sama menyandang status sebagai ponsel gaming. Jujur saja, status mereka berdua sebagai gadget keren untuk menemani menghabiskan waktu dengan game mobile bukanlah omong kosong.

Honor Play, misalnya, hadir dengan bentang layar 6.3-inch berponi. Sementara pesaingnya, Pocophone F1, sama-sama berponi, namun layarnya lebih kecil sekitar 0,2-inch dibanding Honor Play. Ponsel gaming memang mengisyaratkan ukuran layar yang masif, dan keduanya sama-sama lulus ujian pertama itu.

Tapi tampaknya kita mesti memberi lebih banyak tepuk tangan untuk Honor Play, terutama karena kehadiran Kirin 970, yang saat ini lebih dikenal sebagai chipset paling efisien untuk menangani mobile gaming. Harganya tidak begitu mahal, namun ia memberikan performa gaming yang lebih stabil dan bisa diandalkan. Fitur GPU Turbo yang disematkan di chipset Kirin 970 membuat segalanya berjalan lebih baik bagi Honor Play.

Di sisi lain, Pocophone F1 mendefinisikan ulang dengan cara yang sangat mengasyikkan, tentang bagaimana seseorang bisa menikmati sebuah suguhan flagship seharga ponsel mid-range. Snapdragon 850 dan GPU Adreno 630 menyuguhkan kombinasi ciamik yang menyeimbangkan performa gaming, di tingkat harga yang jauh lebih terjangkau dibanding kebanyakan flagship.

Keduanya memang menyodorkan kemampuan yang sama, namun kalau kamu adalah orang yang cenderung mempedulikan tampilan ala flagship, Honor Play berada selangkah di depan, dengan konstruksi ponsel berbasis logam.

Kalau dibandingkan dengan material plastik polycarbonate yang dipilih Xiaomi untuk Pocophone, logam jadi pilihan yang lebih menarik.

Material Logam di Ponsel benar-benar menang?

ponsel gaming pocophone F1
Material promo Pocophone F1. (Foto: situs resmi Poco Indonesia)

Baca juga : Anti Ngadat! Main Game Fortnite Android di Smartphone Samsung Galaxy Note 9

Kalau dilihat sekilas pandang, ponsel berbasis logam menyodorkan lebih banyak kelebihan. Yang pertama tentu saja kesan yang lebih premium. Jangan salah, bukan berarti Pocophone F1 kemudian jadi tampak kurang cantik dibanding pesaingnya.

Hal-hal yang kamu harapkan dari sebuah ponsel gaming kekinian, ada di dalam diri Pocophone F1: tekstur body yang solid dan tidak licin, bentang layar besar, kamera yang oke, dan chipset kelas atas. Kalau semua itu digabungkan dengan harga perangkat yang dipatok di angka setengah dari harga kebanyakan flagship, maka value perangkat seperti Poco F1 jadi layak ditempatkan di peringkat teratas.

Honor Play dan Pocophone F1 sebetulnya sama-sama layak menyandang nilai yang kuat. Hampir seluruh aspek, mulai dari layar, performa, baterai, kamera, dan chipset, memperoleh nilai sempurna. Lalu masih ada value for money, dalam arti dengan membayar Rp 4,3-jutaan sampai 4,5-jutaan, kamu memperoleh dua pilihan ponsel yang relatif setara dalam hal kemampuan dan fitur-fitur yang diusungnya.

Khusus untuk Poco F1, smartphone satu ini punya nilai lebih lainnya. Pertama ia adalah perangkat ponsel dengan chipset Snapdragon 845 yang menawarkan layar bagus untuk gaming, serta kualitas kamera yang mumpuni. Kedua, kapasitas baterainya juga sangat besar, yakni 4000 mAh. Kalau untuk urusan gaming, jelas akan lebih mudah merekomendasikan Poco F1.

Pilih yang Mana?

ponsel game pocophone f1
Tampilan materai promo Pocophone F1. (Foto: situs resmi Poco Indonesia)

Harga sama, kemampuan setara, lalu kamu pilih yang mana? Lagipula, dua-duanya hadir dengan sistem pendinginan optimal, untuk membantu gamers memainkan game lebih lama. Jadi dari segi ketahanan perangkat, dua-duanya bisa diandalkan.

Tetapi kalau dari segi chipset, Snapdragon 845 rasanya jauh lebih baik dibanding in-house chipset Kirin 970 yang ditanamkan ke dalam bodi Honor Play. Namun Honor Play menang dari segi tampilan, yang jauh lebih menarik di mata ketimbang Poco F1.

Kalau kamu lebih mementingkan penampilan ketimbang jeroan, Huawei Honor Play rasanya layak dimasukkan ke dalam daftar beli. Tetapi kalau kamu lebih peduli pada performa mobile gaming, meski kurang sentuhan premium, Poco F1 bisa kamu ambil sebagai acuan.  Di Shopee, Xiaomi Pocophone F1 tersedia lengkap dengan garansi resmi dan fasilitas cicilan tanpa bunga.

Ada masa dimana ponsel gaming tidak selalu identik dengan embel-embel “gaming”. Honor  Play dan Poco F1 rasanya sudah membuktikan hal tersebut.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password